RESENSI BUKU (Meningkatkan Kemampuan Membaca)

Judul Resensi : Meningkatkan Kemampuan Membaca
Judul Buku Asli : Read Faster, Recall More: Use proven tehniques for speed reading and maximum recall
Judul Terjemahan : Speed Reading Better Recalling (Memanfaatkan Teknik- Teknik Teruji untuk Membaca Lebih Cepat dan Mengingat Secara Maksimal)
Nama Penulis : Gordon Wainwright
Alih Bahasa : Heru Sutrisno
Tahun Terbit : 2007
Nama Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Halaman : 136 + VIII
ISBN : 979-22-1976-5
Harga : Rp. 36.500,-

Membaca meruakan kegiatan yang membutuhkan kesimbangan yang baik, dimulai dari mulai gerakan mata dan pemantapan pemikiran serta kemampuan untuk untuk menerima informasi dan menelaah informasi tersebut. Dibutuhkannya keseimbangan yang baik dan akurat agar kita mampu menerima informasi secara tepat dan mengingat informasi tersebut saat kita perlukan. Dalam membaca dibutuhkan pula konsentrasi agar kita bisa menyimpan informasi secara maksimal. Semakin sering kita membaca maka semakin baik pula kemampuan membaca kita. Oleh karena itu Gordon Wainwright menulis buku ini, buku ini bermanfaat sebagai panduan atau pedoman agar kita mampu menguasai tehnik membaca lebih cepat dan memaksimalkan daya ingat kita dalam membaca. Saat ini terkadang banyak orang yang mengalami hambatan dalam membaca, mulai dari kemampuan daya ingat kita yang kurang baik yang mungkin dikarenakan jarangnya melakukan aktivitas membaca sehingga sedikit sekali informasi yang diperoleh dari bahan bacaan maupun kurangnya konsentrasi saat membaca atau hambatan-hambatan lain yang kita alami saat membaca.
Pada bab pertama penulis memaparkan mengenai sejauhmana kemampuan awal kita saat membaca, dimulai dengan latihan dan menilai hasilnya serta menentukan langkah selanjutnya. Di bab ke-2 ditulis mengenai tujuan dan sasaran serta target apa yang akan kita tempuh dengan penambahan latihan untuk menguji kemampuan membaca kita. Di bab selanjutnya tentang metode-metode dasar membaca untuk perbaikan dan dibab ke-4 tentang mekanisme membaca dan mempelajari berbagai tehnik untuk mengatasi masalah dalam membaca. Bab ke-5 berisi mengenai pemahaman dan membaca kritis serta faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman tersebut, kemudian di bab berikutnya tentang teknik-teknik retensi dan dibab ke-7 berisi bagimana teknik mengingat dalam membaca. Lalu bab ke-8 mengenai strategi membaca secara fleksibel dan teks-teks yang digunakan sebagai latihan dalam membaca dan di bab selanjutnya mengenai strategi membaca sepintas lalu. Di bab ke-10 mengenai masalah dalam membaca dan di bab berikutnya tahapan terakhir yaitu garis finis dengan penambahan teks-teks latihan untuk menguji sejauh mana kemampuan membaca kita. Di bab ke-12 berisi mengenai bagaimana tindak lanjut kita setelah mencapai hasil yang diharapkan, yaitu dengan terus-menerus melakukan peningkatan atau paling tidak kestabilan dalam kemampuan membaca dan bab terakhir mengenai catatan yaitu tabel konversi kecepatan membaca dan kunci jawaban dari soal dan latihan yang terdapat pada bab-bab sebelumnya. Penulis memaparkan ide-ide yang kreatif guna meningkatkan kemampuan membaca kita agar lebih cepat dan maksimal dengan baik dan benar-benar menuntun pembaca.
Penulis mengorganisasikan ide dan pemikirannya dengan runtut dari tahap awal yang memaparkan tahap awal membaca, lalu menetapkan target, tujuan dan sasaran serta pemaparan tehnik-tehnik membaca. Selanjutnya pula latihan-latihan untuk membaca hingga tindak lanjut setelah membaca. Dengan gaya penulis yang mengajak dan membuka wawasan sehinga pembaca lebih mudah memahami maksud penulis. Tujuan penulis buku ini adalah sebagai panduan untuk membaca lebih cepat sehingga waktu lebih efektif dan memperoleh informasi lebih banyak serta memiliki daya ingat yang baik saat membaca.
Buku yang ditulis oleh Gordon Wainwright dan di alihbahasakan oleh Heru Sutrisno ini memberikan tehnik-tehnik yang bermanfaat untuk pembaca. Penulis menginformasikan maksud dan tujuannya kepada penulis dengan baik, dengan gaya penulisan yang mudah di pahami dan secara jelas. Penulis memberikan tuntunannya dengan baik kepada pembaca. Mengenai hasil terjemahan juga sudah baik, tidak adanya kerancuan dan sudah sesuai dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Buku yang setebal 136 halaman yang memiliki cover yang menarik dengan warna putih dan dikemas secara praktis dan dengan bahan kertas yang berkwalitas sehingga lebih enak untuk dibaca. Namun mungkin karena buku ini hasil terjemahan penerjemah mungkin tidak memaparkan daftar pustaka. Di buku juga tidak di paparkan kredibilitas penulis secara jelas, hanya dituliskan di bagian sinopsis cerita bahwa penulis merupakan seorang konsultan managemenr training independen yang aktif memberikan pelatihan dilingkungan departemen pemeritahan maupun multinasional Inggris.
Buku ini cocok untuk semua kalangan baik guru, dosen, mahasiswa maupun kalangan umum. Buku ini ditujukan untuk orang-orang yang gemar membaca dan orang yang berminat untuk meningkatkan kemampuan membacanya.

About FRANSORI

Exciting Peoples
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

2 Responses to RESENSI BUKU (Meningkatkan Kemampuan Membaca)

  1. vyna says:

    assalamualaikum..trimakasih bu informasinya sangat bermanfaat untuk saya. saya mau tanya bu, apakah didalam buku yang ibu resensi tersebut ada langkah-langkah membaca skiping? soalnya saya lagi mencari buku tentang langkah-langkah membaca skipping, kalo ibu ada saya boleh minta referensinya? trimakasih.

Leave a comment