Menulis Pantun Kreatif

Menulis pantun secara kreatif bukanlah salah satu hal yang dapat dikatakan mudah. Tapi, bagi beberapa orang menulis pantun malah adalah hal yang biasa. Kecendrungan ide menulis sebuah pantun ini sulit untuk diperoleh, hal inilah yang menjadi kendala bagi sebagian orang.

Pantun adalah hasil dari tradisi budaya Indonesia. Secara resmi beberapa tahun mendatang pantun akan diresmikan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya yang berasal dari Indonesia. Pantun merupakan ciri dan wujud dari karakteristik budaya daerah di Indonesia.

Bagaimana cara membuat pantun. Mungkin Anda mengalami kesulitan untuk menulisnya. Kesepandan rima dan bait menjadi ciri utama dari sebuah pantun. Pantun biasanya terdiri atas  1 bait, dengan 2 baris pertama larik dan 2 baris berikutnya adalah isi.

Pantun mengandung unsur pesan di setiap akhir barisnya. Pantun biasanya memang diciptakan untuk menyampaikan sesuatu, baik informasi, pernyataan, menyampaikan saran, kritik, atau mengungkapkan perasaan. Banyak alasan yang bisa dijadikan tujuan untuk menulis sebuah pantun. Pantun juga memiliki jenis-jenisnya, yang menjadi karakteristik utama dari sebuah pantun. Jenis-jenis pantun juga terdiri atas pantun jenaka yang menghibur, pantun agama, nasihat, pantun yang mengungkapkan kebahagian, kesedihan, kemarahan, kekecewaan, kerinduan dan banyak hal lainnya. Berdasarkan hal tersebut, dapat di amati contoh pantun di bawah ini.

ini puisi karya siswa saya, kelas 7 Akselerasi. Puisi ini dibuat secara spontan oleh siswa. Setelah saya mengajarkan menulis.

ini puisi karya siswa saya, kelas 7 Akselerasi. Puisi ini dibuat secara spontan oleh siswa. Setelah saya mengajarkan menulis.

 

Pantun di atas adalah pantun spontan yang dibuat oleh murid saya. Pantun yang dibuat sederhana dan tidak begitu menyulitkan karena proses penulisannya juga tidak begitu membutuhkan waktu lama. Lalu bagaimana dengan Anda, apakah Anda dapat menulis pantun secara spontan? Apakah Anda membutuhkan waktu yang khusus dalam menulis. Sesungguhnya menulis pantun dapat kapan saja dilakukan, karena dalam menulis dapat menemukan ide kreatif dimanapun Anda berada. Kembali lagi, bagaimana Anda mampu mencatat ide kreatif tersebut kemudian menciptakannya secara utuh menjadi sebuah pantun atau karya sastra lainnya. Yang paling utama adalah bagaimana Anda mengemukakan ide dan mampu merealisasikannya dalam menulis pantun. Berikut ini adalah beberapa langkah/ tips khusus yang dapat Anda gunakan dalam menulis kreatif pantun.

 

1. Pilihlah tema besar, yang Anda pilih dalam menulis sebuah pantun. Misalnya tema kehidupan, tokoh perempuan, percintaan, kepahlawanan dan tema lain yang dekat dengan keseharian Anda.

2. Tentukanlah terlebih dahulu, jenis pantun apa yang akan Anda buat. Misalnya pantun remaja, pantun tentang alam, lingkungan, atau pantun kesedihan. Selain itu, pertimbangkan tujuan yang ingin disampaikan dari pantun ini. Apakah untuk memberikan nasihat, memberikan motivasi atau memberikan pujian.

3. Anda dapat membuat baris isi terlebih dahulu. Isi tersebut disesuaikan  dengan tujuan dan jenis pantun yang akan dibuat. Tuliskanlah isi dari pantun Anda di baris 2 dan 4 sebagai poin utama sebuah pantun.

4. Buatlah baris pertama dan kedua. Sebagai patokan dasarnya perhatikan kesamaan rima dan bunyi dari setiap kata. Fokus pada bunyi akhir baris. Usahakan adanya kesesuaian irama antara baris pertama dan kedua, baris ketiga dan keempat. Hal yang paling mendasar adalah bagaimana memilih diksi atau kata yang tepat dari awal baris hingga akhir. Dibutuhkan kemampuan penguasaan kosakata yang baik agar menemukan irama pantun yang tepat.

5. Setelah semua baris sesuai, baca kembali baris awal pantun, hingga semua baris memiliki rima, irama dan bunyi yang sesuai.

Selamat mencoba 😀

 

Advertisements

About FRANSORI

Exciting Peoples
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s