RESENSI BUKU (Menulis dan Berkarya di Media Massa)

Judul Buku : Proses Kreatif Menulis di Media Masa
Nama Penulis : Roni Tabroni
Tahun Terbit : 2007
Penerbit : Nuansa
Jumlah Halaman : 128 + iv halaman

Menulis Merupakan proses kreatif yang membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Namun pada saat ini proses tersebut terkadang untuk menggali potensi diri dan mencurahkan waktu serta pikiran sulit dilakukan bagi orang yang tertarik dalam dunia kepenulisan. Penulis pemula terkadang merasa ide dan gagasannya kurang menarik dan berbobot. Penulis juga merasakan keterbatasan ide dan sulit untuk menyajikannya dalam bentuk tulisan yang menarik dan terkadang penulis merasa terhambat untuk menyelesaikan tulisannya. Kendala lain yang sering dirasakan adalah kwalitas tulisan mereka tulis kurang memiliki nilai jual atau tidak bersifar komersil bila di publikasikan di media masa. Oleh karena itu penulis buku ini menyampaikan berbagai cara dan proses kreatif untuk menulis di media masa. Baik dari tahap menemukan ide, mengolah gagasan, maupun menuliskannya dalam kalimat yang menarik serta menyempurnakannya hingga dapat disalurkan ke berbagai media masa.
Penulis mampu menyajikan pendapatnya tentang proses kreatif menulis, pria alumnus IAIN Sunan Gunung Djati Bandung Fakultas Dakwah jurusan Ilmu Jurnalistik ini memang cermat menyajikan tahap-tahapan proses kreatif menulis. Ide-ide kreatif menulis ini mungkin didapatkannnya dari berbagai kegiatannya yang aktif di berbagai organisasi kepenulisan dan menekuni dunia jurnalistik. Sekarang pria yang menjabat sebagai ketua TEPAS Bandung ini juga telah menghasilkan beberapa karya berupa artikel maupun resensi yang telah dimuat di berbagai media.
Mengenai isi buku penulis menyajikan tahapan proses kreatif menulis di tulis secara lengkap. Baik di permulaan ia menyakinkan pembaca bahwa setiap orang memiliki potensi dan mampu untuk menulis lalu di bab pertama ia menyajikan bagamana menemukan ide untuk menulis. Ia juga memaparkan bagaimana segala sesuatu hal dapat di jadikan ide kreatif dan tehnik mengatur ide dan bagaimana mengelompokannya. Selanjutnya di bab berikutnya dipaparkan bagaimana membangun potensi diri untuk menulis dan mengamati sesutu untuk menjadikannya sebagai ide. Di buku ini juda dipaparkan bagaimana menjadi penulis yang produktif dan kreatif dengan menyajikan kiat mengembangkan kekreativitasan. Penulis juga selalu mengajak kita untuk menulis dan menulis dengan memberikan langkah-langkah dalam menulis dan mengatasi kejenuhan saat menulis. Di bab selanjutnya diberikan proses kepenulisan yang lengkap serta tips yang dilakukan guna mengatasi hambatan-hambatan dalam menulis, kiat memperlancar tulisan dan menulis dengan pemetaan pikiran serta bagaimana menata tulisan. Di bab berikutnya di tuliskan mengenai artikel, dari bagaimana memilih topik artikel, langkah kepenulisan artikeldan mengenai membuat paragraf dan membuat serta manfaat outline. Di bab terakhir bagaimana memilih judul yang menarik, bagaimana menutup tulisan dan memeriksa tulisan kita hingga memilih media masa yang tepat.
Penulis juga ingin menyampaikan bahwa semua orang mampu membuat tulisan maupun artikel. Hanya saja tinggal menggali potensi diri dan memanfaatkan waktu dan ketekunan serta mencari peluang dan menemukan kesempatan. Tuntunan menulis yang dipaparkan oleh penulis diharapkan mampu membimbing pemula untuk lebih kreatif dalam membubuhi tulisan dengan ide-ide dan gagasan yang kreatif dan berbobot.
Buku yang ditulis dengan menarik dan mampu membimbing serta mengajak kita untuk mau menulis dan memberikan inspirasi dalam menulis. Penulis juga memberikan contoh yang menarik dan membuka wawasan kita untuk menulis dan dari kalimatnya yang memaparkan secara jelas dan lugas mampu membawa kita untuk dapat merasakan bahwa mudahnya proses kreatif menulis.
Buku ini juga cocok untuk semua kalangan, baik guru, dosen pelajar dan mahasiswa maupun masyarakat umum. Buku ini ditulis untuk orang-orang yang tertarik dan berminat didunia tulis menulis. Buku yang setebal 58 halaman ini dikemas secara menarik dan dengan tampilan warna yang serasi. Dengan gambar cover sebuah komputer dengan tampilan keyboard menampilkan proses kreatif dalam menulis.
Penulis telah menyajikan proses kreatif dalam menulis dengan lengkap dan akurat namun dari segi pemanfaatan buku ini bagi pembaca terkadang kurang maksimal. Pada kenyataanya sekarang terkadang pembaca kurang mampu memaksimalkan apa yang telah dibaca serta ketidakjelasan dari maksud penulis. Terkadang pada kenyataanya pembaca hanya terjebak pada teori dan bingung mengaplikasikannya. Namun, bila dilihat dari kepenulisannya penulis mampu mengorganisasikan ide kreatifnya dengan baik pada tahap awal ia menyatakan bahwa setiap orang mampu menulis, lalu ia menyajikan juga bagaimana mencari ide dari berbagai sumber serta bagaiamana mengatur ide dan melakukan penelitian untuk proses keefektifan ide tersebut serta terus memberikan motivasi dai berbagai organisasi kalimat yang ia tuliskan. Selain itu penulis juga memberikan tahapan bagaimana membangun kreativitas sendiri dan menjadi penulis yang kreatif dan produktif, serta memmaparkan hambatan dalam proses menulis. Kemudian penulis juga menyajikan bagaiman membuat artikel yang menarik dan menyempurnakannya serta menyalurkan tulisan kita diberbagai media di yang tepat sesuai dengan apa yang kita tuliskan. Dengan kemampuan penulis memaparkan proses ide kreatif dalam menulis secara runtut seperti yang telah disajikan diatas diharapkan mampu menjadi panduan bagi kita untuk menulis.

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s