Brownies Kukus Ceria

DSC_1366

Lebaran akan segera tiba, tentunya banyak hal yang akan kita persiapkan. Mulai dari makanan, minuman, pakaian, perabotan rumah, mobil atau kendaraan untuk persiapan mudik lebaran. Persiapan untuk membuat kue tentunya, untuk ibu-ibu dan para remaja cewek yang mempunyai hobi memasak.

Kesempatan kali ini saya akan membagikan resep yang saya dapat dari senior saya di sekolah. Beliau memberikan resep ini dan saya sangat tertarik untuk mencobanya. Yupz, brownies kudapan khas coklat yang manis ini memang salah satu makanan favorit saya. Oleh karena itu, saya sangat tertarik untuk membuatnya. Biasanya dulu saya membuat brownies dengan resep atau menggunakan produk bahan siap saji yang ada di supermarket, saya tinggal beli campur kemudian di masak. Dengan cara instan saya bisa membuat brownies. Nah untuk kali ini, brownies kukus dibuat alami dengan bahan dan campuran yang kita kreasikan sendiri. Hal ini yang menjawab pertanyaan saya, sesungguhnya apa saja sih bahan yang akan kita gunakan. Berikut ini adalah resep yang akan kita persiapkan.

DSC_1361

Bahan 1

6 butir telur

250 gram gula pasir

1 sdt vanili

1 sdt garam

1 sdt SP

 

Bahan 2

125 gram tepung terigu

50 gram coklat bubuk

1 sdt baking powder

 

Bahan 3

100 gram coklat batang

145 ml minyak sayur

(Cairkan coklat batang dengan minyak sayur dengan cara di tim)

Bahan  4

125 ml susu kental manis

 

Cara Membuat:

1.      Campurkan semua bahan 1 kemudian kocok hingga mengembang. Kocok dengan kecepatan tinggi kurang lebih sekitar 35 menit.

2.      Bahan dua yang telah dicampur, masukan demi sedikit ke dalam adonan hingga tercampur rata.

3.      Tambahkan bahan 3 yang telah didinginkan sebelumnya, aduk kembali hingga rata.

4.      Siapkan Loyang persegi ukuran 10x10cm yang telah dilapisi kertas roti.

5.      Masukan kurang lebih sekitar 200 gram (setengah) adonan, kemudian kukus selama 10 menit.

6.      Sisa adonan tersebut kemudian campur dengan bahan 4. Aduk kembali hingga rata.

7.      Setelah adonan yang dikukus matang, masukan kembali sisa adonan dan kukus kembali hingga mengembang dan matang.

8.      Angkat, tiriskan, sajikan dalam keadaan dingin.

9.      Hias dengan whip cream atau cherry merah di atasnya.

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Kreasiku. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

