Mengingat Sajak Jurnalisme

oleh Arinah Fransori pada 24 Juni 2011 jam 23:03

Teringat di malam-malam lalu, masih di penghujung tengah semester dengan pola-pola pikiran yang tetap bersemangat. Waktu dan keadaan  mampu mendewasakan, mengubah pemikiran dan cita-cita bahkan juga keputusan penting dalam hidup.

 

Mengenang masa lalu, saat masih sama di malam-malam yang gelap.Ada kesulitan dengan tulisanku, berhenti di tengah dan di ujung bahu. Tak pernah sampai ke kaki, aku si pengkritik yang ulung, tapi mungkin bukan staff ahli yang pandai. Aku seorang yang jujur dengan tulisanku dengan dirik dan pandangan hidupku. Tak pernah terpikir untuk sediikit berkelok jika ada yang janggal aku tinggalkan.

 

Aku mulai paham betul dengan berbagai macam, jenis, dan bentuk tulisan melalui sekolahku. Sekolah pertamaku dengan teman-teman baruku yang terbaik. Mengajarkan aku tentang keadaan yang sesesungguhnya tentang dunia. Aku yakin kini aku tak sekeras kepala dulu, untuk tetap bertahan dan berjuang. Aku belajar di Sekolah Jurnalisme Indonesia, bukan hanya belajar tentang berita atau seputar dunia jurnalistik semata. Melalui mata melihat keadaan yang tak terlihat.

 

Ini cuma coret-coretan bukan tulisan, mengisi kekosongan sajak dan kata perkata hati. Menjawab pertanyaan tentang diriku dan impian yang ku pikirkan dulu. Terhambat oleh masa, dan jejak. Tertinggal oleh laju waktu dan erosi keadaan. Menimbang sejenak, tentang masa depan, masa lalu dan tujuan.

 

Melihat foto ini ingin kembali ke cita-cita itu. Tapi terurai sejenak akan masa itu yang tak terhapus. Mengingat keadaan yang memhancurkan dan menyembunyikan aku dalam gelap. Aku sang jurnalis yang mengangkat pena. Tak ingin menulis lagi akan keadaan yang tak ku pahami.

 

Kembali ke masa malam-malam itu. Berseragam biru dengan impian dan keinginan yang berseru. Ketika sajak jurnalisme itu ada. Ketika malam itu masih terang berdesir. Aku ini dan semusim keingiannku itu.

 

*kembali ke catatan waktu (*

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

