Resep Kue Lapis Singkong “Pemenang di Hari Kartini”

Kue kreasi memasak dengan bahan baku non beras, yaitu dipilih singkong sebagai bahan dasar utama. Ibu-ibu peserta harus mengkreasikan singkong menjadi makanan yang enak, sehat, murah dan bermanfaat. Hal ini untuk merayakan hari Kartini. Perlombaan memasak pada Hari Kartini, yang dilaksanakan oleh kelompok ibu-ibu PT. Semen Baturaja Palembang. Peserta adalah ibu-ibu warga yang tinggal di daerah lingkungan PT Semen Baturaja. Para ibu diwajibkan berpakaian kebaya sebagai simbol dari perayaan hari Kartini.

Berkreasi dan berusaha, untuk itu hari ini ibuku berhasil memperoleh juara pertama. Pada kreasi kue singkong, “congratulation mom”!! ^-^

KELOMPOK   ” BUNGA   ANGGREK “

                                                                                             Anggota:  Maimunah dan Menik

KUE  LAPIS  SINGKONG

Kreasi Kue Lapis Singkong

Kreasi Kue Lapis Singkong Hijau dengan Pasta Pandan

Bahan-bahan:

500  gram singkong rebus, haluskan

6  butir telur

200 gram  gula

200 gram  mentega

100 gram susu bubuk

100 gram terigu

1  sdm coklat bubuk

Vanili  secukupnya

Cara membuatnya:

  1. Siapkan singkong rebus yang telah dihaluskan.
  2. Kocok telur, gula dengan mikser. Kocok dengan kecepatan tinggi sampai gula halus dan adonan kental. Kurangi kecepatan mikser, masukkan singkong rebus, lalu mentega, susu bubuk, coklat bubuk dan vanili secukupnya. Adonan kembali dikocok menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi selama 20 detik, angkat miksernya.
  3. Bagi adonan menjadi 2 bagian, beri pewarna sesuai selera atau dengan coklat bubuk.
  4. Ambil Loyang persegi empat 20×20 cm  yang sudah diolesi mentega.
  5. Tuangkan satu bagian adonan pertama dalam loyang.
  6. Panggang dalam oven panas hingga matang.
  7. Lapisi dengan adonan kedua.
  8. Panggang dan lakukan yang sama dengan adonan pertama, sampai adonan habis.
  9. Angkat dan dinginkan, potong-potong setebal 1,5 cm. Siap disajikan

“ S E L A M A T    M E N C O BA ”


About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Kreasiku. Bookmark the permalink.

19 Responses to Resep Kue Lapis Singkong “Pemenang di Hari Kartini”

  1. Sandra says:

    salam kenal bu, wah sepertinya enak ya bu kue lapis singkongnya, mau saya coba deh nanti.
    Bu mau nanya nih, waktu panggang selapis selapis itu pake api bawah atau api atas bu?
    Terima kasih bu

  2. FRANSORI says:

    ehmm salam kenal, makasih ya atas kunjungannya.. iya.. iya emng enak lho..
    boleh tuh di coba, ini resep khusus buatan ibu saya, hehheee

    waktu di pannggang pertama kali saat adonan masih sedikit api di bawah, kemudian ganti api di atas.. selamat mencoba

  3. Yuliana says:

    Ubi itu enak x loh dan apalagi di buat kue ih sangat enak x

    bye:
    yuliana
    08 november 2012

  4. nurhayati says:

    bisa nga resep kue lapis singkong ini dikukus bukan dioven ???????

  5. eny says:

    tepung terigunya buat apa? kok gak ada proses dengan tepungnya?

  6. wiwin yuniarni says:

    utk mentega nya di cairkan dl tdk?trspengembangnya pakai tdk?sp pa ovalet?tks

  7. Rini says:

    halo mba, mau tanya untuk pemanggangan sampai matang kira2 berapa menit ya? makasih

  8. sari says:

    Salam kenal bu…
    Bu, makasih ya resepnya barusan saya pake buat ikutan lomba bikin kue di kantor suami.
    Resepnya saya modifikasi sedikit dgn penambahan gram pada gula dan susu bubuk ( biar rs manisx lbh terasa) dan utk mentega sy tambahkan pemakaian butter.
    Alhamdulillah menang🙂

    • FRANSORI says:

      iya, sama2 ni ibu arin yang buat kuenya, cuma di publish di blog arin. mksih ya bu udah mampir. wah..wah.. bolehla ntr di cicip hasil kuenya di modifikasi..lebih enak kayaknya

  9. kiagus rahmat(mr) says:

    kreatif
    numpang download pic nya nya

  10. kiagus rahmat(mr) says:

    kreatif
    numpang download pic nya nya
    terimakasih sebelum dan sesudah ny
    pengen coba

  11. mau ikut coba resepnya dong…… tapi soal api atas sama api bawah waktu mangang maksudnya gimana????, mohon penjelasannya. Terima kasih………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s