PUISI

Surat untuk Sang Pemimpin

 


 

 

 

By: Arinah Fransori

 

Aku menulis dengan seadanya

Bukan dengan tinta emas, atau noda merah darah

Aku kecil tak terlihat

Seperti plankton

Namun aku gagah seperti seorang patriot

Aku memakai topi baret dikepala

Aku berwajah lusuh dan berseragam abu-abu

Serbu!

Berlari memegang senjata namun tak berpeluru

Badik kami hampa tak berguna

Kami tak bisa apa-apa

Sepertinya

Kaki kami terpasung

Tangan kami terikat

Dari jeratan rezim penguasa

Kami cuma budak kecil tak bersuara

Rakyat jelata yang hina

Wahai sang pemimpin

Andai kota kami tak usang

Masih ada ribuan pohon tertawa lega

Masih banyak kicau burung

Masih sisa molekul oksigen

Wahai sang pemimpin

Bersama surat ini saya kabarkan

Rumah kami di hutan, bukan hutan rimba

Namun hutan-hutan beton berjelaga

Barisan beton meninggi mencakar langit

Kami sedih, di kota kami

Kini tak ada lagi jalan setapak

Hanya ada pedestrian

Tak ada lagi obor

Hanya ada lampu 5 watt

Wahai sang pemimpin

Kota kami akan tenggelam

Karena air tanah tak berpulang

Pulau kami akan menghilang

Karena ribuan penduduknya berdesak-desakan

Mungkin bukan tahun ini

Tapi itu lain kali

Arusnya mewabah dan bergejolak

Seakan hendak menenggelamkan ibu kota

Ibu kota kami satu-satunya

Wahai sang pemimpin

Kami butuh bebek, angsa dan serati

Untuk mengajari kami berenang

Untuk mengajari kami menyelam

Wahai sang pemimpin

Kami butuh komisi pemberantasan kedap suara

Agar kami bisa melihat

Agar kami bisa mendengar

Mendengar air tanah yang berbicara “aku lenyap”

Mendengar batu kerikil dan aspal yang berujar “sungguh berat”

Mendengar udara yang berumbar “aku sesak”

Mendengar jeritan pilu penderitaan

Teriakan kekecewaan sang bumi pertiwi

Wahai sang pemimpin

Pulau ini butuh tuan

Butuh pelampung hijau

Yang menbantu mengapung dan menyelamatkan.

 

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

