Mimpi-mimpi Sang Presiden!

by:  Arinah Fransori

Catatan 1

Bermimpi dan bermimpi banyak hal yang diawali dari mimpi, misalnya saja tokoh terkemuka Bill Gates yang bermimpi bahwa di setiap rumah nantinya akan tersedia sebuah komputer di meja tulisnya. Dengan penuh keyakinan dan kerja keras akhirnya Bill Gates mampu menciptakan PC yang digunakan seperti sekarang ini.

Setiap orang bebas bermimpi, mengatakan apa yang ia inginkan dan apa tujuannya mereka. Namun, jujur saja, pada awalnya aku jenuh dan jengah, melihat seseorang teman yang selalu bermimpi menjadi seorang presiden. Setiap hari ia mengatakan padaku bahwa ia ingin menjadi presiden, dia ingin menjadi presiden RI. Ya, Presiden Republik Indonesia tercinta.

“Apa-apaan sih?’ nggak masuk akal! tuturku dalam hati.

Setiap hari ia mengatakannya dengan semangat yang menggebu-gebu. Dengan wajah sumringah dan nyengir kuda. Lewat sms yang ia kirimkan, lewat kata-katanya, melalui cerita motivasinya yang kadang bosan aku dengarkan.

Tapi tak apalah, ini sumber inspirasi buatku. Aku paham apa yang ia inginkan, sebagai tipe orang yang perhatiaan dan peka terhadap lingkungan sekitar aku lama-lama cenderung aspiratif.

Aku termasuk orang yang percaya akan mimpi dan harapan, namun terkadang aku merasa bosan terhadap mimpi yang terlalu muluk. Tapi masa depan tak ada satu orang pun yang tahu. Termasuk peramal, jadi bermimpilah sepuasnya.

“Sebelum mimpi itu bayar!”

Catatan 2

Aku seorang perempuan yang suka emansipasi, aku suka berpetualang dan aku tidak suka diremehkan apalagi di tindas. Mungkin aku juga termasuk karakter sok tau dan pemalu. Tapi aku suka era Kartini moderen saat ini. Aku salah satu penggagum wanita-wanita tangguh, seperti pahlawan wanita RA. Kartini. yang memiliki nama kecil Trinil, nama itu diambil dari nama jenis burung kecil yang lincah. Selain itu aku juga mengagumi beberapa tokoh nasional RI lainnya seperti Mutia Hatta, Sri Mulyani serta Ibu Megawati Soekarno Putri. Ya walaupun hanya suka dengan taraf yang biasa, tapi sebagai pemuda saya cukup mengapresiasi. Wanita-wanita tangguh yang tampil dan berkarya, selain tentunya menjabat sebagai ibu rumah tangga diatap rumah mereka. Apresiatif terhadap ketangguhan mereka itu cukup, karena tak semua wanita bisa bergerak maju dan menunjukkan eksistensi mereka. Melawan tantangan, keterbatasaan dan kesulitan mereka sendiri.

Presiden itu posisi yang fantastis, kita harus pandai mengorganisasikan diri dan orang lain. Mengetahui dan memahami berbagai hal dari  seluruh bidang, memiliki citra dan pesona tersendiri. Tak banyak orang yang sanggup, dari berjuta-juta orang hanya beberapa orang yang mencalonkan diri sebagai presiden.

Beberapa bulan terakhir aku keranjingan nonton film drama korea. Kisah yang bercerita mengenai Ratu pertama di Korea. Ya walaupun kisahnya dibumbui kisah cinta dan penyedap rasa lainnya. Tapi unsur-unsur sejarah dan budaya masih kental dan melekat. Ratu Seondeok, merupakan seorang wanita pertama yang memimpin sebuah kerajaan besar dan berjaya.

Dari sana aku belajar dan mungkin jika aku berandai-andai, hanya berandai-andai, jika aku menjadi seorang presiden hal yang akan diperhatikan yaitu dari segi pertanian.   Aku akan memperbaiki dan membenahi kebijakan dari segi pertanian, memberikan kebijakan baru dan program-program tertentu.

Sedikit kutipan kata dari Jawaharlal Nehru yang menarik, yang pernah aku baca dari penulisan essay tentang Korea, yang mengatakan bahwa Negara yang mantap pada bidang pertanian akan lebih mudah mengembangkan sektor-sektor lainnya, seperti perindustrian, perdagangan dan pertambangan. Tapi selain dari itu tentunya, bahwa banyak orang tahu bahwa budaya mereka itu lekat, tipikal orang-orang yang ulet dan tekun, tipikal orang-orang yang setia dan disiplin.

Dari film Ratu Seondeok aku tahu, bahwa seorang ratu akan berkorban untuk rakyatnya. Berani mengambil keputusan dan percaya pada orang-orang kepercayaan. Dalam perebutan kekuasaan, yang rentan sekali dengan pemberontakan dan pengkhianatan. Banyak orang tak suka dan tak ayal ingin menghancurkan. Pandai membaca situasi, keadaan dan isi hati seseorang. Mampu menempatkan diri, mengambil hati dan bertindak secara cepat dan tepat

Ratu itu bijak dan tak pernah menyerah, seorang Yang Mulia yang memperhatikan rakyat dan mensejahterakan rakyatnya dari sektor pertanian. Sang ratu memberikan kebijakan dengan menyediakan bahan dan alat pertanian dengan kwalitas terbaik agar panen rakyat melimpah. Selain itu, ratu pula memberikan fasilitas terbaik, untuk membuka lahan baru sehingga petani miskin bisa memiliki sawah dari tanahnya sendiri. Kebijakan lain yang diberikan pula, sang ratu meringankan tarif pajak hasil pertanian. Kisah ratu yang bijaksana bukan!

Catatan 3

Kisah di atas untuk cerita lama dan prasejarah, namun di jaman sekarang hal itu masih berlaku. Pemerintah Korea tetap perhatian pada sektor pertanian. Hal yang menarik yang adalah dengan pemberian asuransi pertanian kepada para petani. Jadi, jika panen gagal petani tidak akan merugi, ya walaupun hanya pada komoditas tertentu, yaitu apel dan pear. Namun, adanya program-progam khusus demi perkembangan pertanian itu cukup membantu. Selain pemberian asuransi, didirikannya khusus bank pertanian serta pemberian kredit dan  sebagainya.

Mungkin hal ini asing di Indonesia, dan tentunya pula penerapannya juga belum tentu maksimal. Banyak halangan dan faktor-faktor lain yang tidak mendukung untuk Indonesia. Tapi ini menarik, dengan tujuan untuk menyejahaterakan para petani dan mampu mengembangkan  bidang sektor lainnya.

Indonesia Negara agraris, dengan sumber daya alam yang melimpah. Negara yang memiliki 1700 pulau dan 300 bahasa. Negara yang mengagumkan dengan sumber daya yang dimilikinya. Ini salah satu  hal menarik yang akan dilakukan, jika aku menjadi seorang presiden. Selain banyak hal lain yang menyenangkan yang akan aku dilakukan jika menjadi presiden. Beberapa di antaranya aku akan bekunjung ke Korea dan membenahi sistem pendidikan di Indonesia. Tapi jauh lebih unik jika membuat sebuah planet baru dengan sistem super canggih. Planet yang dirancang dengan sistem pesawat luar angkasa memberikan perlindungan dan kedamaian. Dengan sistem air yang cukup dan sirkulasi udara yang menghidupkan. Seperti kecanggihan di film-film, mempermudah dan membantu kehidupan manusia. Membantu bumi dan kehidupannya. Memindahkan beberapa kehidupan dan memberikan kehidupan baru. Kabarnya bumi sudah tua dan lelah dengan global warning dan masalah lainnya. Bisa jadi, jika negara adi daya seperti negaranya Obama, memiliki satu daerah kekuasaan lain di luar angkasa.

Di luar angkasa aku membangun sebuah kota hijau yang asri dengan alat transportasi canggih. Orang-orang tak membutuhkan lagi mobil atau motor tapi bisa jadi seperti alat pemindah tempat dengan 1 gerakan saja. Misalnya sebuah kursi mini yang bisa membawa orang-orang berpergian kemana saja ia berada. Kursi yang bisa terbang atau menghilang dalam waktu beberapa saat dengan waktu yang diinginkan. Hal tersebut juga bukan hal yang aneh, jika di prediksikan kecanggihan teknologi saat ini.

Memiliki ide dan pemikiran yang luar biasa, untuk sebuah kemudahan. Memberikan masukan dan kebaikan bagi semua orang. Menjadi seperti seorang Presiden yang tak pernah turun dan tak bisa turun dari jabatan atau tahta kemuliaannya. Seorang presiden yang memiliki mimpi-mimpi, harapan, cita-cita dan berjuang untuk rakyatnya.

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

