Shally Si Kura-kura


oleh Arinah Potter pada 20 September 2010 jam 21:31

Aku kura-kura kecil pemimpi

Suka perpetualang, mengibaskan ujung-ujung kaki yang licin

Ku arungi lautan dengan sayap

Ku lewati hutan-hutan beton kota dengan tumit

Naik turun angkot, hingga bergelantungan di bus

Ku jelajahi New Calidonia hingga Pulau Jeju di Korea

Tapi aku ingin ke selatan

Mencari sebuah pesan

Setiap sudut di balik batu karang, ku ingat diluar kepala

Setiap centi penjual gorengan aku tahu

Bahkan nelayan yang melaut aku sapa

Aku Shally si kura-kura

Aku kecil dan mungil, namun aku ceria

Aku suka belari tanpa henti

Aku mondar-mandir memutari batu karang

Aku hanyut oleh gelombang

Mengibarkan sebuah layar dan ikut terurai

Aku Shally si kura-kura

Masih tetap sama, aku ingin terus berjalan tanpa henti

Berjingkrak dan berdiri, menghapal setiap sudut laut yang ada

Aku ingin bertemu ikan buntal

Bersembunyi bersama plankton

Merasakan denyut sengatan ubur-ubur

Aku suka berkeliling tanpa henti

Hingga kakiku lecet

Sampai ketemui manusia hippe

Aku juga sudah mengunjungi planetarium

Bercengkrama dengan bintang

Tanpa menemukan kesan

Tak ku lihat cerah dari pangeran negeri seberang

Sosok sempurna yang diidamkan

Tak ku temukan kedamaian

Di balik senyum sang pencari kekuasaan

Sang pemimpi kelas kakap

Panglima besar dari sebuah koloni

Semua semu

Menyisakan kotoran-kotoran di laut mati ini

Lautku yang biru kini hitam dan kelam

Tapi kini berbeda, setelah ku hampiri dermaga

Memimun secangkir air dari telaga

Berjemur di barisan pasir air yang kemarau

Shally si kura-kura tak lagi sendiri

Ia tersenyum.

Bertengger di atas teratai dan terus mengarungi lautan,

Menjelajahi Samudra Antartika

Menuju selatan

Bersama seekor kura-kura bijak

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

