Modernisasi, Merapuhkan Siswa

Setelah lama tak berkunjung ke SMA ku yang tercinta, aku terpikir beberapa hal. Yang paling penting mengenai perubahan arus dan proses pemikiran serta pergaulan siswa SMA saat ini. Khususnya di Palembang, mengkaji pada kegiatan Ekstrakulikuler yang saat ini tampaknya mulai ditinggalkan. Tergilas oleh moderenisasi teknologi canggih. Siswa cenderung apatis dan asyik sendiri pada kesenangan pribadi.

Tanyakan pada siswa, lebih pilih mana? Organisasi, atau bermain. Khususnya pesona FaCebook, twitter yang merajai. Belum lagi, bermain PS atau kegiatan lain seperti jalan-jalan dan nongkrong. Gaya hidup modern cenderung membuat siswa terlena.

Menjadi perhatian khususnya ekstrakulikuler paskibra di sekolahku. Dulu, peminat membludak, namun kini standar. Hal ini juga bukan terjadi di SMA ku saja. Tapi juga terjadi di beberapa ekstrakulikuler Paskribra SMA/SMK yang ada di kota Palembang. Dulu tahun 2008-2007 kegiatan Lomba Tehnik Baris Berbaris antar SMA/ SMK di kota Palembang “mengantri” dalam periode 1 bulan saja, hingga 4 kali kegiatan lomba. Namun, kini minim, jarang dilakukan, lebih marak acara lomba-lomba yang berbau-bau hiburan dan mengembangkan kreativitas, seperti lomba Band. Yang memang saat ini memang menjamur.  Wajar memang, hal ini dilatarbelakngi pada tuntunan zaman yang memang kian maju dan berkembang.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah mengenai perkembangan mental dan pribadi siswa. Pada ekstrakulikuler Paskibra khususnya, mengemban beban untuk siswa menjadi seorang siswa yang bertanggung jawab dan berdisiplin. Rasa nasionalisme dan cinta tanah air dipupuk dan dibina didalam kegiatannya. Hal yang paling dasar adalah kemampuan memimpin, dan memanagement diri. Rasa kekompakkan, kebersamaan dan rasa persaudaraan amat erat dalam kehidupannya. Saling menghargai dan saling bekerjasama dalam berorganisasi, akan membentuk seorang siswa yang cakap dan cerdas, kreatif dan inovatif.

Andai, penulisan ini dibaca oleh pihak yang terkait dan berwenang, bahwa pentingnya peranan, organisasi atau ekstrakuliler pada diri siswa. Judulnya yang tepat mungkin, andai aku menteri pendidikan di Indonesia.

He.he…

hanya berandai!!

Pembentukan pribadi yang tekun, tegas, cermat dan bersahaja. Tidak hanya diperoleh dalam lingkup pembelajaran dikelas. Namun, pada kehidupan nyata dalam organisasi dan pengembangan diri dan berkreasi melalui ekstrakulikuler. Dari ekstrakulikuler siswa belajar menjadi siswa yang aktif dan mampu bekerja kelas, karena siswa bukan hanya bertanggung jawab pada tugas dan kewajibannya sebagai seorang siswa di kelas. Namun, pula pada tanggung jawabnya sebagai organisatoris yang aktif. Melalui kegiatan ini pula seorang siswa akan langsung bersosialisasi pada lingkungannya. Baik di lingkungan organisasi sendiri maupun di luar organisasi.

Seorang siswa yang aktif di suatu ekstrakulikuler, misalnya pada eskul Paskibra siswa akan menjadi siswa yang berani, tegas dan cermat. Siswa tersebut sudah terbiasa untuk mengemukan pandangan dan pikirannya terhadap suatu objek. Siswa juga akan lebih memiliki rasa tanggung jawab pada dirinya sendiri, akan minat, bakat dan tujuannya. Siswa akan lebih terarah dan lebih cermat pada tujuannya. Siswa yang biasa berkerjasama dan bersosialisasi akan lebih aktif dan tepat dalam bertindak. Tidak plin-plan bahkan takut-takut untuk melakukan sesuatu. Siswa yang terbiasa bekerja keras, rajin dan memiliki keinginan yang kuat akan membentuk seorang siswa yang cerdas, aktif dan kreatif.

Beberapa tanggapan pribadi, mengenai pembentukan diri yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam beroganisasi/ ekstrakulikuler. Tapi, tentunya beralih dari hal itu, perkembangan diri siswa juga tidak hanya berpengaruh pada hal itu. Perhatian dan bimbingan orang tua dan lingkunganlah yang paling berperan bagi pembentukan pribadi siswa.

By: Arinah Fransori

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Catatan Kecil. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s