Kebangkitan Nasional Sama Dengan Kebangkitan Ekonomi Masyarakat.

Wujud Nyata dari Peringatan Kebangkitan Nasional yaitu dengan Kebangkitan Ekonomi Kreatif dengan Cara Membeli Produk dalam Negeri

Seiring dengan krisis global yang melanda berbagai penjuru dunia membuat jejak-jejak keluh dan kesah di berbagai kalangan. Salah satu contoh yang menarik adalah dalam pengembangan ekonomi di Indonesia. Ekonomi Indonesia membutuhkan banyak sisi perbaikan agar membawa dampak positif bagi rakyat.
Dalam peringatan 1001 tahun hari Kebangkitan Nasional inilah, wujud rasa nasionalisme yang dapat dilakukan yaitu dengan meningkatkan mutu perekonomian Indonesia. Sektor ini sangat baik untuk dikembangkan agar terwujudnya gerbang ekonomi yang sejahtera. Jika perekonomian rakyat baik maka akan membawa dampak yang sangat positif. Senada dengan hal itu dalam Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menuturkan untuk memberdayakan ekonomi “Wong Cilik”. Selain sektor ekonomi yang sangat berpengaruh ada sektor lain yang patut diperhatikan yaitu sektor pendidikan. Pendidikan yang bermutu akan membawa bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas dan kokoh. Tidak dapat di pungkiri faktor yang mendukung meningkatnya mutu/kualitas sektor ekonomi adalah sektor pendidikan. Sumber daya manusia yang cerdas, kreatif dan inovatif akan mampu membentuk sektor ekonomi yang baik pula. Tapi hal ini perlu dukungan dan partisipasi dari masyarakat tentunya. Bukan hanya untuk masyarakat ekonomi saja. Melainkan dari berbagai lapisan mayarakat yang memiliki peran penting. Salah satunya sistem yang di terapkan oleh Mendag Mari Elka Pangsetu dalam programnya yaitu dengan cara memproklamirkan Kebangkitan Ekonomi Kreatif “Aku Cinta Indonesia” ke seluruh Indonesia. Program yang mencanangkan agar masyarakat seluruh Indonesia membeli, memakai dan menggunakan produk/jasa dari dalam negeri. Produk/jasa dari hasil kreatif perekonomian bangsa Indonesia sendiri juga memiliki kwalitas yang baik, sehingga dengan hal ini mampu membawa angin segar bagi sistem perekonomian.
Dengan mengkomsumsi karya hasil bangsa sendiri akan membantu bangkitnya perekonomian Indonesia. Produsen yang bekerja akan terus memproduksi dan mendistribusikan jasanya ke konsumen, sehingga produsen akan terus berkarya dan bukan tidak mungkin jasa tersebut akan mampu di ekspor ke luar negeri. Tapi proses ini membutuhkan kerja keras dan banyak waktu agar produk Indonesia dapat berkwalitas sehingga mampu bersaing dengan produk asing. Tapi fakta lain yang diperoleh bangsa ini masih jalan di tempat pada sistem pro kapitasme yang telah merusak perekonomian rakyat. Suatu sistem dimana hasil perut ibu pertiwi nyaris habis diboyong keluar negeri.
Hal inilah yang sangat disayangkan, oleh karena itu himbauan untuk lebih cinta tanah air dan cinta produk Indonesia tentunya adalah salah satu cara yang cukup efektif. Peran serta masyarakat dari segala lapisan sangat dibutuhkan agar mampu membawa para sistem perekonomian yang sejahtera. Ternyata hal sederhana ini adalah salah satu wujud nyata dan mudah yang dapat kita lakukan untuk bangsa Indonesia. Wujud dari semangat Hari Kebangkitan Nasional agar bangsa ini benar-benar bangkit dari ketepurukan dan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Catatan Kecil. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s