Kado Kecil untuk Bahasa

Bahasa adalah ciri dan identitas suatu bangsa dan Negara. Bahasa menjadi lambang nilai-nilai budaya dan menjadi jati diri suatu bangsa. Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang menyatukan seluruh suku dan etnis yang ada di seluruh nusantara. Berdasarkan hal inilah suatu himpunan mahasiswa yang cinta akan bahasa Indonesia dan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan bahasa Indonesia. Berpikir, membuat satu wadah organisasi, tercetuslah ide untuk memiliki sebuah organisasi kemahasiswaan yang mewadahi seluruh kegiatan mahasiswa dalam lingkup program studi mengenai Bahasa Indonesia. Hal ini telah mendorong para mahasiswa angkatan 81’ (sebagai pendiri) untuk mewujudkan lahirlah HMPSBI (Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia) dan sejarahnya. HMPSBI merupakan sebuah wadah organisasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa Indonesia yang berada di lingkungan FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Sriwijaya, Palembang. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sendiri, di FKIP Unsri sudah berdiri sejak tahun 1961. Akan tetapi HMPSBI baru berdiri secara resmi pada 10 November 1985, di Palembang.
Lambang HMPSBI adalah lambang Universitas Sriwijaya di dalam sebuah lingkaran yang bertuliskan Himpunan Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah dengan latar bermakna biru. Lambang ini bermakna bahwa HMPSBI di bawah naungan FKIP Unsri sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, tekhnologi, informasi dan seni. Organisasi ini diharapkan dapat merespon setiap fenomena yang terjadi di lingkungan civitas akademik yang berfikir secara logis dan sistematis dengan keluasan berpikir dan keefektifan bertindak, sehingga dapat ‘memakmurkan’ setiap komponen yang berada di naungannya. Anggotanya adalah seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah FKIP Unsri, yang terbagi menjadi 3 golongan yaitu: anggota biasa, anggota kehormatan dan anggota luar biasa. Anggota biasa yaitu mahasiswa, anggota kehormatan yaitu pelindung, penasehat, pembimbing dan alumni sedangkan anggota luar biasa adalah anggota biasa dan anggota kehormatan yang berpartisipasi aktif serta bekerja sama terhadap HMPSBI.
Visi HMPSBI yaitu sebagai salah satu pusat pengembangan wawasan, peningkatan sikap religius, ilmu dan integritas kepribadian mahasiswa, melalui sikap optimis menuju masyarakat kampus yang demokratis, adil dan sejahtera. Kemudian misi yang di emban HMPSBI adalah memberikan kontribusi berupa pengembangan SDM masyarakat kampus. Mewujudkan mahasiswa yang kritis terhadap kebijakan birokrat kampus dan menjadikan HMPSBI sebagai perekat ukhuwah serta kesatuan bagi mahasiswa FKIP pada umumnya dan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah khususnya.
HMPSBI menjalankan kebijakan program kerja pada 1 tahun masa jabatan ketua umum, salah satu kegiatan yang baru dilaksanakan yaitu pada peringatan Bulan Bahasa. Pada 28 Oktober 2009, civitas akademik HMPSBI melaksanakan Seminar Nasional Bahasa dan Sastra dengan tema “ Mengangkat Peran Bahasa dan Sastra Lokal dalam Pembelajaran Bahasa untuk Mengembangkan Aspek Kognitif, Afektif dan Psikomotor”. Sebuah acara forum ilmiah dengan pembicara utama Prof. Dr. Arif Rahman (Pakar Pendidikan dan Bahasa dan Guru Besar Universitas Negeri Jakarta). Kegiatan ini bertujuan untuk mensejajarkan pengajaran Bahasa dan Satra dalam lingkup pendidikan. Kegiatan serupa yang dilakukan pada tanggal 31 Oktober 2009, yakni mahasiswa HMPSBI pada peringatan Bulan Bahasa yaitu melaksanakan serangkaian perlombaan yaitu lomba pidato Bahasa Indonesia, lomba membaca puisi, cerpen, dan musikalisasi puisi bagi mahasiswa, pelajar di daerah Palembang dan sekitarnya. Hal ini dilakukan demi memupuk rasa cinta dan kebanggaan akan Bahasa dan Sastra Indonesia itu sendiri dikalangan civitas pendidikan. Tak berhenti sampai disitu semangat untuk berbahasa dan mengembangkan sastra. Di dalam program kerja HMPSBI juga dalam waktu dekat di agendakan melaksanakan kegiatan Pekan Sastra, guna memperingati hari lahir HMPSBI yang jatuh pada 10 November 2009. Pekan Sastra ini merupakan wujud dari cinta kasih yaitu sebuah kado kecil yang manis untuk Bahasa dan Sastra.

MI

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s