Belenggu Senja

Aku tak mengerti, waktu terus berjalan, melangkah mengiringi dan aku terus terdiam. Mengikuti gerakan, irama dan paduan suara si dia. Ia bercerita, mengajak seolah-olah berorasi dengan semua penipuan yang setiap ia katakan dan ucapkan. Aku bingung dan tak mengerti akankah aku harus percaya dengan semua kebohongan syair yang ia lantunkan. Semua orang pun diam, terus memperhatikan memyimak dengan seksama bait-bait kata yang tak kunjung membuat aku muak dan jenuh. Ingin aku berlari menjauh, dan menghilang tapi tak mungkin ada satu kajian dan tanggung jawab atasku. Tapi aku sadar aku teringat ada satu kewajiban yang lebih tajam dan akurat yang harus aku lakukan. Takut cemas dan khawatir tak mampu aku sembunyikan dari raut muka ini. Suasana belum senja berkutat mungkin 1 setengah jam lagi matahari akan tenggelam, tapi aku takut. Aku belum usai, menyelesaikan sujudku pada-Nya. Minggu senja yang buram, aku terduduk di ruang seminar yang tak begitu waah…… Mungkin hanya sekelas hotel kelas 3, tak cantik masih muda dan tak se-komersil namanya. Aku heran, kami berkutat berkeliling mencari 1 sudut ruang, satu jeda waktu untuk menyembahnya. Melipat kaki, mencium lantai biru itu dengan kain putih dan bersuci. Tapi tetap tak kami temukan satu sudut itu, hilang asa. Apa yang sesungguhnya tempat ini, cukup mewah, di banding gubuk-gubuk hitam di sudut kota. Tapi ini sebuah motel atau hotel? Mungkin memang tak sama. Kesimpulannya tak kami temukan tempat untuk menghadap Sang Pecipta. Tak ayal, ku kibaskan jilbab ini, kembali ke ruang seminar, duduk terpaku dan kembali menyaksikan. Mungkin harusnya satu surat ku tulis kepada Presiden, dimana bisa kutemukan arah kiblat disini?

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

