Membaca Akademik

Membaca Akademik
Ringkasan Materi Kuliah Perdana Martikulasi
Pemateri Dr. Subadyono, M.Pd. Senin 11 Juli 2011

Pada tahap awal sebelum membaca ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu kita harus membaca secara selektif. Tahap awal membaca secara selektif untuk menentukan topik yang akan kita garap, memilih topik-topik yang relevan. Pada tahap ini dibutuhkan pengetahuan dan referensi yang baik, agar pemahaman kita lengkap dan menyeluruh. Kemudian kelompokkan gagasan-gagasan yang tepat, kumpulkan menjadi kesatuan ide yang utuh. Selain itu pula jangan pernah bosan untuk tetap menggali informasi lainnya.

Secara umum tujuan dari perkuliahan martikulasi ini adalah untuk memberikan motivasi, pencerahan, pengarahan dan memberikan penyegaran tentang bahasa. Selian itu, mampu melihat keterampilan akademik, dan keilmuan mahasiswa. Keterampilan akademik dapat pula termasuk cara manajemen diri dalam melaksanakan tugas-tugas yang diberikan.

Membaca akademik -> bukan hanya sekedar hobi melainkan konsep hidup. Wahyu ilahi-> yang mengharuskan kita membaca untuk memperoleh pengetahuan. Membaca, menulis dan belajar merupakan kebutuhan primer bagi umat mana saja yang ingin bangkit, maju dan meningkat (Dr. Raghib As_Sirjani). Dalam hal ini pada umumnya untuk mempraktekkannya secara rutin setiap orang memiliki kendala. Pada kegiatan membaca terdapat paradigma yaitu paradigma lama, membaca membuat merasa mengantuk, bosan dan melelahkan. Tetapi seharusnya kita memandang pada paradigma baru. Sebaiknya kegiatan membaca merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan seseorang.

A. Dua Syarat Membaca
1. Membaca dengan nama Robb, yang telah menciptakan segala umat, karena Allah untuk kemaslahatan dan kebaikan di dunia dan di akhirat.
2. Membaca suatu ilmu tidak mengeluarkan diri dari rendah hati, tidak boleh sombong dengan apa yang di miliki.

B. Cara Menumbuhkan Minat Baca
1. Mengetahui apa tujuan membaca
2. Menyusun rencana dalam membaca
3. Mengatur waktu
4. Memulai dengan setahap demi setahap
5. Totalitas dalam membaca
6. Teratur dalam mengikat makna
7. Membuat pustaka di rumah
8. Menyampaikan apa yang telah And abaca
9. Membantu sahabat dalam membaca
10. Mencari ilmu dari para alim

C. Cara Cerdas Membaca
1. Berusaha memahami kata demi kata. Memahami pula antar kata dengan kata lain
2. Konsentrasikan dengan apa yang And abaca
3. Pilihlah tempat yang tepat dan suasana yang menyenangkan dan dengan sinar cahaya yang sesuai.
4. Berikan garis-garis bawah dan catatan-catatan penting, tuliskan di pinggir halaman.
5. Ajukan pertanyaan diri sendiri bentuk penjelasan bila perlu. Selanjutnya evaluasi apakah Anda telah paham pada materi bacaan.
6. Asahlah kemampuan baca Anda.
7. Perhatikan isi buku secara keseluruhan ini penting untuk memprogram otak Anda berinteraksi dengan buku tersebut.
8. Berusaha mematangkan penguasaan dalam otak agar bisa mengingat topic-topik umum dari bacaan.
9. Tentukan durasi waktu yang dibutuhkan untuk membaca buku dan berusaha menyelesaikannya tepat waktu.
10. Jadilah orang fleksibel dalam membaca Anda dapat membaca cepat atau lambat sesuai kebutuhan.

D. Waspadai Empat Perkara dalam Membaca
1. Kurang sadar ketika membaca dan menelaah buku, (tidak kontinu, kurang ketabahan dan kesadaran).
2. Kurang konsentrasi (pikiran menerawang tidak bersemangat, ingin cepat selesai)
3. Tidak punya sistematika membaca yang jelas dan benar (skala prioritas, tapi, tekuni 1 pokok dan dasar bidang keilmuan)
4. Tidak mengamalakn ilmu yang dibaca atau pelajaran (pembaca yang sukses ialah pembaca yang menghasilkan ilmu dan halal baginya).

E. Ciri-ciri Pembaca yang Baik
1. Menentukan yang penting -> menganalisis/ mengamati ide pokok dan masalah dari ide pendukung.
2. Melakukan kegiatan menulis/ meringkas informasi.
3. Menarik inferensi/ mengambil simpulan yang tersirat.
4. Mengajukan pertanya pertanyaan.
5. Memonitor pemahaman (Dembo dan Helena 2008:190—191)
Pembaca yang baik yang berfokus pada aktivitas

Membaca Akademik
Ringkasan Materi Kuliah Perdana Martikulasi
Pemateri Dr. Subadyono, M.Pd. Rabu 13 Juli 2011
Contoh dan Konsep Pembuatan Latar Belakang/ Pendahuluan

Latar Belakang

Manfaat Membaca
1. Membaca sangat penting
2. Pengembangan ilmu pengetahuan
3. Pembinaan Kualitas SDM

Ilkim membaca kurang kondusif
1. Minat baca
2. Fasiltas membaca
3. Pembelajaran membaca

Kondisi di FKIP Unsri (Penjajagan awal), sebagai tempat penelitian
1. Belum menerapkan strategi efektif membaca
2. Pemahaman bacaan belum memuaskan
3. Pemahaman literasi 54%, inferensial 47%, regulasi 30%, evaluasi 55% dan apresiasi 45%, berdasarkan hasil pengamatan peneliti.

Usaha peningkatan pembelajaran membaca dengan pendekatan interaktif

Konsep dari Pendahuluan Secara Umum
1. Memaparkan
2. Apa dan bagaimana pentingnya, penguasaan kompetensi/ keterampilan dan pemahaman
3. Bagaiman fenomena kualitas pembelajaran kompetensi atau keterampilan pemahaman itu selama ini sehingga terjadi kesenjangan
4. Bagaimana dampaknya jika dibiarkan
5. Model atau strategi/metode apa yang digunakan untuk mengatasi sesuatu yang bermasalah itu.

About these ads

About FRANSORI

Unik person
This entry was posted in Bahasa dan Sastra. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s